Review: HTC Desire X (T328e), Prosesor DualCore Harga Menengah

Diposting oleh Unknown on Rabu, 14 November 2012


Review: HTC Desire X (T328e), Prosesor DualCore Harga Menengah
Tabloid PULSA Setelah merilis seri Desire C, V dan VC, sekarang giliran HTC Desire X diluncurkan oleh HTC. Desire X merupakan salah satu varian dari produk HTC yang mengandalkan prosesor berinti ganda dengan dibandrol dikelas menengah. Secepat apa performanya?

Desain

Dimensi: 118.5 x 62.3 x 9.3 mm, 114 gram; full touchscreen; material plastik; 3.5mm audio jack dan tombol power/screen lock; volume rocker; lubang mic, port microUSB (sekeliling ponsel dari sisi atas) 3 tombol sentuh di bawah layar (back, home dan task switcher)

Bentuknya tidak terlalu besar atau kecil, dan pas digenggaman tangan berukuran rata-rata orang Indonesia. Kombinasikan mengkombinasikan bahan plastik dan logam membuatnya lebih kokoh dan solid. Kombinasi ini terdiri dari backcover yang menggunakan plastik dan material logam pada frame yang mengelilingi area layar depan.
Bd4dd63d38a929c20b7f05ec03dc5e79
3051a5283d6b7d4f3bf657ca2a215e47
Ca595fb0a15dc6561221aaaa3ab2e1a7
Dibagian depan Desire X membenamkan tiga tombol sentuh (back, home dan menu). Disamping kanan dan kirinya terdapat terdapat tombol volume dan port microUSB. Diatas HTC memasng port 3,5mm dan tombol power dan terakhir adalah dibelakang terdapat kamera yang dihiasi lingkar elips berwarna silver dan grid lubang speaker serta tulisan serta logo Beats Audio yang memang banyak digunakan dibeberapa seri HTC.
7854e8b2afc333062b5165282a6b4213
Ee99f01aaf3e8826306c085018120aa4
000af5c1d88651ef6cbc1154023c715d

Display

Layar sentuh Super LCD kapasitif, 16 juta warna, 480 x 800 piksel, 4.0 inches (~233 ppi pixel density), multi touch

Menggunakan layar jenis Super LCD 16 juta warna membuat Desire X menjadi lebih jelas dalam tampilannya. Apalagi dengan kepadatan piksel hingga 233 ppi. Dengan begitu Desire X sanggup menyajikan gambar yang natural berkat resolusi 480 x 800 piksel yang diusungnya. Dipasangkan dilayar sebesar 4 inci, membuatnya lebih nyaman dilihat.

HTC Desire X OS
Layar Desire X sanggup menerima input sentuhan hinggga 4 jari. Sehingga penggunaan fungsi swipe, atau pinch to zoom lebih mudah.

OS dan UI


Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich); HTC Sense UI v4.1

Meski baru muncul, Desire X tidak menggunakan JellyBean, akan tetapi dia hanya menggunakan OS Android Ice Cream Sandwich. ini sangat disayangkan memang mengingat ponsel dari vendor Korea Samsung telah mengeluarkan ponsel dengan Android Jelly Bean.
Selain OS Android, Desire X juga menggunakan HTC Sense UI v4, seperti pada produk HTC Android lainnya. Namun seperti halnya One V, beberapa fitur khas Sense UI juga dipangkas  pada Desire X seperti Leap View dan Active Lockscreen yang atraktif. Shotcut default pada lockscreen juga tidak bisa diganti dengan shortcut aplikasi lain, pengguna hanya dapat memilih menampilkan atau menyembunyikannya saja.
HTC Desire X UI Home 1
HTC Desire X UI Home 2
HTC Desire X UI Home 4
Pengguna tetap dapat melakukan kostumisasi dengan pilihan scene yang akan mengubah tampilan homescreen dengan wallpaper dan rangkaian widget yang berbeda, hanya saja HTC tidak menyediakan pilihan secara default namun pengguna tetap bisa mengunduh secara gratis.
HTC Desire X UI Menu 1
HTC Desire X UI Menu 2
HTC Desire X UI Menu 4

Hardware

Qualcomm MSM8625 Dual Core 1GHz ARMv7, GPU: Adreno 203; RAM 768MB, Internal 4GB (2GB User Available), Up to 32 GB MicroSD Card

Ini dia keunggulan dari HTC Desire X yakni  prosesor dual core berkecepatan 1GHz. Dengan penggunaan prosesor tersebut saat ditest  Desire X mampu memproses setiap perpindahan menu yang dengan baik. Didukung dengan RAM 768MB serta GPU Adreno 203 rupanya cukup mampu mendongkrak performa Desire X secara keseluruhan.

HTC Desire X Hardware System Info 1
HTC Desire X Hardware System Info 2
HTC Desire X HD Storage
HTC mengklaim Desire X memiliki kapasitas simpan internal 4GB, tapi data yang  PULSA dapatkan dari pilihan storage pada menu setting menunjukkan pengguna hanya dapat menggunakan 1.11GB internal storage (yang dapat digunakan juga untuk menyimpan data aplikasi) ditambah 1.09GB phone memory. Untuk menambahkan ruang penyimpanan pengguna bisa menambahkan kartu memori microSD yang sayangnya tidak disertakan dalam paket penjualan.


Internet dan Konektifitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900; HSDPA 900 / 2100; GPRS, EDGE; HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot; Bluetooth v4.0 dengan A2DP; microUSB v2.0

Untuk ukuran sebuah smartphone, pilihan konektifitasnya terbilang lengkap. Mampu terhubung ke internet melalui jalur HSDPA dan konektifitas nirkabel wifi.

Dengan kemampuan browser yang sudah dibekali dengan flashplayer, anda dapat memutar halaman yang dilengkapi dengan file flash seperti youtube. Browsernya juga sanggup membuka hingga 6 halaman sekaligus.

Selain itu Desire X juga dilengkapi dengan koneksi dengan kebel data USB. Ketika dihubungkan ke komputer, pengguna akan ditawarkan beragam pilihan menu diantaranya hanya untuk pengisian daya baterai, mode mass storage, HTC Sync, USB tethering (menggunakan ponsel sebagai modem untuk terhubung ke internet melalui PC) dan Internet pass through (ponsel menggunakan koneksi internet yang dimiliki PC untuk ke internet), dua pilihan yang disebutkan paling awal memiliki ikon yang besar karena dianggap paling sering digunakan.

HTC Desire X Konektivitas 1
HTC Desire X Konektivitas 2
HTC Desire X Konektivitas 4
HTC Desire X Browser 1
HTC Desire X Browser 2
HTC Desire X Browser 3
HTC Desire X Browser 4


Multimedia

Beats Audio Technology: AAC, M4A, MP3, OGG, WAV, WMA, Video: 3GP, DiVx,M4V, MP4, WEBM

Kerjasamanya dengan Audie Beats membuat produk HTC semakin spesial pada fitur multimedia terutama Audionya. Begitu juga Desire X yang sudah dilengkapi teknologi Beats Audio. Fitur ini bisa dinikmati saat menjalankan pemutar musik atau memainkan video.

Sayangnya earphone premium dari Beats yang disediakan seperti pada Sensation XE dan XL yang sudah ada didalamnya paket penjualannya.
Diintegrasikan dengan aplikasi Soundhound, membuat pengguna mampu mencari informasi tentang musik yang diputar atau Anda nyanyikan.

HTC Desire X Musik Player 1
HTC Desire X Musik Player 2
Meski telah mengusung prosesor dual core, sayangnya Desire X tidak dapat memutar video HD. Tidak hanya video resolusi HD1080p, video player bawaan Desire X juga bahkan tidak sanggup memutar video HD720p. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat didownload melalui Play Store.


Kamera

5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, geo-tagging; Perekam video maksimum 640x480;

Untuk fitur fotografi, Desire X datang dengan ragam fitur yang lengkap seperti review duration, Image Adjustment, ISO, WB, Storage, Camera Option, Video Option dan sebagainya. Fitur unggulan kamera HTC One Series seperti pengambilan gambar dan perekaman video yang bisa dijalankan bersaman juga tersedia pada ponsel ini. Menariknya, Anda juga dapat menyematkan efek filter saat memotret.

HTC Desire X Kamera 1
HTC Desire X Kamera 2
HTC Desire X Kamera 3
HTC Desire X Kamera 4
HTC Desire X Kamera 5
HTC Desire X Kamera 6
HTC Desire X Kamera 7
Hasil kamera cukup tajam dan detail saat digunakan diluar ruangan. Penambahan lampu flash pada kamera Desire X juga berhasil meningkatkan kualitas jepretan saat digunakan untuk membidik gambar didalam ruangan. Kamera Desire X juga menunjukkan sensitivitas cahaya yang cukup tinggi kala dipakai untuk memotret gambar di ruangan yang agak gelap.


Fitur Lain

Dropbox, Flash Player, FriendStream, Car Home, Flash Light, A-GPS ( Navigation, Maps, Latitude, Place, Location), HTC Club, Polaris Office, Play Books, Sound Hound, Voice Recorder, Transfer, News & Weather, Music (My Phone, Sound Hound, Tune In Radio, 7Digital)

Selain TuneIn Radio dan Soundhound yang telah disebutkan diatas, Anda juga dapat menggunakan FriendStream untuk melihat update status Facebook serta Tweet langsung dari layar depan. Melalui FriendStream Anda bisa update status, dan upload sekaligus tanpa perlu repot masuk melalui browser terlebih dulu.

HTC Desire X FU Flash Light
HTC Desire X FU Soundhound
HTC Desire X FU Tunein Radio
Ponsel ini juga telah dibekali fitur peta yang diciptakan oleh HTC Sendiri, HTC Locations. Fitur tersebut bisa dilihat di aplikasi HTC Car dengan menu berisi HTC Locations, musik, internet radio (lokal dan internasional) serta panggilan cepat.

Desire X juga telah disertai dengan aplikasi dropbox yang memberikan bonus penyimpanan sebesar 25GB kepada pemgguna untuk jangka waktu 2 tahun. Anda juga dapat membuat dan mengedit dokumen dengan Polaris Office. Adobe Reader yang disematkan oleh HTC ke Desire X juga dapat Anda pakai untuk menambahkan komentar dan anotasi pada dokumen pdf yang sedang Anda buka.

HTC Desire X FU Dropbox
HTC Desire X FU Adobe Reader


Benchmark

Quadrant Standard Edition: 2593; Antutu Benchmark: 4944; Nenamark1:58,2fps; Nenamark2: 36,4fps
Saat ditest menggunakan aplikasi Quadrant Standart, Desire X sanggup meraih poin yang setara dengan Samsung Galaxy Nexus, Galaxy Tab 10.1 serta Motorola ATRIX 4G. Sementara grafik Antutu menggambarkan bahwa performa Desire X berada diatas Amazon Kindle Fire.

HTC Desire X Benchmark Antutu 2
HTC Desire X Benchmark Quadrant
Saat mengetestnya pada kinerja grafis, Nenamark2 menempatkan kinerja Desire X tepat dibawah Samsung Galaxy SII serta berada diatas performa grafis Samsung Galaxy S pertama.
HTC Desire X Benchmark Nenamark 2 4
HTC Desire X Benchmark Nenamark 2 2


Kelebihan
• Gratis Dropbox Berkapasitas Simpan 25GB
• Prosesor Dual Core 1GHz
• Kamera 5MP dengan Continous Shoot
Kekurangan
• Memori internal kecil
• Tanpa Kamera Depan
• Belum Jelly Bean

Kesimpulan
Meski sudah menggunakan prosesor dualcore, namun sayang Desire X tidak mampu memutar file video berkualitas HD. Terlebih hanya menggunakan OS ICS, padahal vendor lain sudah ada yang menggunakan OS JellyBean. Semoga saja pada waktu yang akan datang akan ada updatenya untuk ponsel ini.

Beruntung Ia punya bandrol yang mudah dan performa yang mampu menandingi Samsung Galaxy S II. Sehingga sangat cocok buat Anda yang ingin memiliki ponsel premium dengan harga menengah. (@ilham_putranto /Galing kusumojati)

Spesifikasi Detail

GENERAL
NetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 HSDPA 900 / 2100
LAYAR
TipeSuper LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density), Multitouch, HTC Sense UI v4.0
DIMENSI
Tipe118.5 x 62.3 x 9.3 mm / 114 g
AUDIO
FiturVibration, MP3, WAV ringtones
Jack3.5mm jack audio
SpeakerphoneYa
MEMORY
Internal4 GB, 768 MB RAM
EksternalSlot Micro SD card up to 32GB
DATA
3GHSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
EDGEYa
GPRSYa
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspot
Bluetoothv4.0 with A2DP
InfraredTidak
USB/Portv2.0 microUSB
KAMERA
Primer5 MP, 2592?1944 pixels, autofocus, LED flash
SekunderTidak
Video Record480p@30fps
BATERAI
TipeStandard battery, Li-Ion 1650 mAh
StanbyUp to 833 h (2G) / Up to 750 h (3G)
Talk TimeUp to 20 h (2G) / Up to 10 h (3G)
FITUR
OSAndroid OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich)
CPUQualcomm MSM8225 Snapdragon Dual-core 1 GHz, GPU Adreno 203
BrowserHTML5
GPSYa, A-GPS
MessagingSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Javavia Java MIDP emulator, Fitur tambahan: Stereo FM radio with RDS, SNS integration - Dropbox (25 GB storage)- Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk - Organizer - Document viewer - Photo viewer/editor - Voice memo/dial - Predictive text input
FITUR LAIN
Multiple SIMMini SIM
Video PlayerMP4/H.263/H.264/WMV player
MP3 PlayerMP3/eAAC+/WMA/WAV player
Audio RecordYa
sumber :tabloid pulsa

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar